Ternyata Probiotik tidak Menyehatkan Pencernaan

Probiotik identik dengan mikroorganisme hidup yang baik yang membantu kesehatan. Probiotik merupakan organisme baik yang keberadaanya sangat membantu dalam sistem pencernaan.
Seiring banyaknya manfaat probiotik yang berfungsi membantu proses pencernaan, pemanfaatan probiotik selain digunakan oleh manusia juga banyak digunakan pada hewan ternak yang berguna untuk meningkatkan produksi ternak.

Dengan berubahnya gaya hidup akibat perkembangan zaman maka berubah pula pola hidup orang kebanyakan. Tidak lepas pula bagi kebiasaan orang dalam hal menjaga kesehatan. Hadirnya probiotik yang menjadi bagian dalam proses pencernaan dianggap penting bagi kesehatan. Sehingga tidak sedikit produsen yang menawarkan probiotik suplemen dalam bentuk susu maupun yogurt. Sesuai dengan klaim mereka dalam iklanya bahwa probiotik mempunyai fungsi yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh selain sebagai bakteri baik yang menjaga masalah pencernaan.

Namun fungsi yang diklaim produsen terbantahkan oleh sebuah penelitian oleh ECF (European Center For Food Society) seperti yang dikutip dari okezone.com melalui penelitiannya yang menyimpulkan bahwa ternyata produk probiotik tersebut tidak menimbulkan efek ajaib bagi kesehatan pencernaan atau meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Hasil penelitian ini tentunya menimbulkan berbagai reaksi dikalangan produsen probiotik. Bahkan seperti yang diambil dari sumber yang terpercaya bahwa pihak produsen melarang para peneliti melansir berbagai produk yang dianggap berbahan probiotik.

Posted By Mukhlisin Saleh

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Tinggalkan komentar disini..... EmoticonEmoticon