Tunjukan Nasionalisme dengan Menggunakan Domain .id

Cara memperlihatkan nasionalisme ada berbagai cara yang bisa dilakukan oleh kita. Menggunakan produk-produk asli buatan Indonesia, melestarikan budaya asli Indonesia, Menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar adalah contoh-contoh dari sikap nasionalisme yang bisa kita lakukan. Nah, buat kita yang setiap hari berkecimpung dalam dunia internet adakah yang bisa kita lakukan sebagai bentuk nasionalisme kita?

Bagi kita yang setiap hari tidak lepas dari internet, buat kita yang kerjaanya membuat website, atau bahkan untuk kita yang hobi membuat blog, menggunakan domain asli buatan Indonesia juga merupakan bentuk dari nasionalisme.

Domain .id merupakan domain asli buatan indonesia. Makanya buat kita yang hobi ngeblog atau mungkin sebagai web master, kita bisa menunjukan rasa nasionalisme kita dengan menggunakan domain .id setiap kita membuat website.

Kebanyakan dari kita memang masih banyak yang menyukai menggunakan domain.com dibandingkan domain .id. Hal itu diakui sendiri oleh ketua Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) Sigit Widodo. Mungkin dari kita yang masih menyukai domain .com beralasan penggunaan domain .com lebih simpel dan sudah familiar ditelinga para pelaku internet. Padahal, penggunaan domain .id selain menunjukan rasa nasionalisme kita, hal itu juga sekaligus bisa mengindentisifikasi bangsa indonesia. Baik itu identitas perusahaan, organisasi atau institusi yang berasal dari indonesia.

Dengan pemakaian domain .id merupakan jaminan bahwa perusahaan atau institusi tersebut memang berada di Indonesia, sehingga memudahkan mesin direktori untuk mencari nama-nama website asli Indonesia.

Sudah seharusnya memang kalau Indonesia mempunyai domain sendiri. Disamping berfungsi sebagai identitas, domain asli indonesia juga bisa mempresentasikan bahwa Indonesia merupakan negara yang patut diperhitungkan. Mengingat kemampuan orang Indonesia sebenarnya sudah bisa dibilang menyamai orang-orang barat.

Kemampuan yang bagus belum tentu bisa membuat suatu negara mampu meningkatkan kesejahteraan rakyatnya, hal itu tentu perlu faktor pendukung lainya. Masalah yang terjadi akhir-akhir ini adalah kurangnya dukungan masyarakat terhadap produk hasil karya asli pribumi. Banyak masyarakat yang begitu bangga karena bisa membeli barang yang bermerek yang nota bene buatan luar negeri. Padahal produk pribumi secara kualitas tidak sepenuhnya kalah. Seandainya karakter orang Indonesia bisa diubah pola pikirnya mengenai kecintaannya pada produk luar negeri maka tidak mustahil untuk kedepanya produk hasil karya sendiri mampu bersaing ditingkat internasional. Hal yang bisa kita lakukan untuk mewujudkan cita-cita tersebut tentu dari mulai sekarang dengan menggunakan produk-produk asli buatan anak negeri. Sebagai contohnya untuk kita yang berkecimpung dalam dunia internet, menggunakan domain .id yang nota bene asli produk hasil karya anak negeri bentuk dukungan nyata terhadap kemajuan dan keberlangsungan kehidupan berIndonesia. Semoga.....!

Posted by Mukhlisin Saleh

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Tinggalkan komentar disini..... EmoticonEmoticon