Perkembangan Internet


Meningkatnya pemakai internet membawa perubahan baru pada gaya hidup yang lebih modern. Tidak bisa disangkal bahwa kehadiran internet di Indonesia begitu banyak membawa perubahan. Dunia yang begitu luas yang dibatasi oleh batas teritorial, kini tidak lagi jadi penghambat untuk berinteraksi bagi siapa saja dan dari belahan dunia manapun. Hadirnya Internet seakan menghancurkan sekat bagi manusia untuk saling berkomunikasi dari belahan dunia yang berbeda hanya dalam hitungan detik. Dulu, kita berkomunikasi dengan orang di negara berbeda butuh waktu hingga berminggu-minggu bahkan hingga berbulan-bulan. Namun dengan hadirnya internet jarak bukan lagi jadi jurang pemisah untuk berkomunikasi meski jarak dan waktu yang berbeda.

Era ini kemudian dikenal dengan nama "Era Digital". Dimana interaksi yang dulu menggunakan media yang bersifat benda dan kasat mata kini beralih pada media yang susah diraba meskipun lawan nampak nyata di depan mata. Inilah dunia maya, meskipun kita bisa berinteraksi saling tatap dengan mengetahui persis setiap gerakan yang lakukan lawan bicara namun tidak bisa dirasa dengan indera peraba.

Tidak bisa dipungkiri bahwa perkembangan internet yang begitu pesat menimbulkan begitu banyak efek baik yang positif maupun yang negatif. Dampak itu muncul akibat dari peranan internet yang bisa mengakses berbagai informasi yang bersifat manfaat atau bahkan informasi yang bersifat mudharat.

Jumlah pemakai internet di Indonesia pada khususnya dan pemakai internet di dunia umumnya mengalami kenaikan jumlah pemakai yang sangat mengagumkan. Setidaknya berdasarkan data API pada tahun 2010 tercatat jumlah pemakai internet di Indonesia mencapai angka 4 juta pengguna. Bagi pebisnis yang pandai melihat peluang tentu ini merupakan peluang yang sangat besar. Makanya banyak orang Indonesia yang kaya mendadak dan menghasilkan banyak uang dari bisnis yang digeluti seiring banyaknya pemakai internet. Betapa tidak, Angka 4 juta merupakan pasar yang menggiurkan. Dalam ilmu ekonomi angka 4 juta merupakan pasar baru di masa sekarang ini. Karena, sebelum datangnya internet pasar yang lazim dibicarakan orang adalah pasar dengan bentuk pelaku ekonomi yang nampak secara kasat mata. Dan umumnya yang disebut pasar ya, pasar yang tersebar diseluruh penjuru tanah air. Semisal pasar senen, pasar minggu, pasar inpres dsb.

Posted By Mukhlisin Saleh

Share this

Related Posts

First

Tinggalkan komentar disini..... EmoticonEmoticon