WASPADAI OBESITAS DAN CARA MENGATASINYA

Kegemukan atau yang lazim disebut obesitas merupakan momok yang paling menakutkan bagi sebagian orang. orang yang mempunyai berat badan yang lebih dari batas normal merasa minder karena merasa mempunyai bentuk badan yang tidak seperti lazimnya. Orang yang mempunyai badan over size alias gempal cendrung merasa rendah diri. Umumnya, mereka mudah tersinggung bila ada pembicaraan yang mengarah pada kelainan bentuk tubuh.

Obesitas atau kegemukan yang dikhawatirkan orang disinyalir dipicu oleh gaya hidup dan pola makan yang salah. Gaya hidup masa kini yang serba instan mempengaruhi pola makan seseorang. Perkembangan zaman yang begitu pesat menuntut mobilitas yang cukup tinggi mempengaruhi pola pikir yang mengharuskan semuanya dilakukan lebih cepat.

Banyak orang tidak pernah bermimpi punya berat badan lebih atau obesitas namun tanpa disadari pola hidup yang dilakukan setiap hari malah cendrung mengarah pada terbentuknya obesitas. Dibawah ini adalah beberapa kegiatan yang bisa menimbulkan obesitas.

Pemberian Susu yang Salah pada Masa Menyusui.

Gaya hidup masa kini yang dituntut serba cepat pada masa kini mempengaruhi kebiasaan seorang ibu yang lebih suka memberi susu formula ketimbang memberikan ASI. ASI menurut rekomendasi dari WHO musti diberikan kepada bayi selama 6 bulan pertama. Karena sebagus apapun susu formula manfaat untuk bayi masih kalah dengan ASI eksklusif. Pemberian susu botol kepada bayi yang berlebihan bisa berakibat pada obesitas. Setidaknya hal itu sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh Dr. John Really dari universitas Glasgow seperti yang dilansir dari BBC News dan dikutip dari Dechacare.com
Dari hasil penelitiannya terhadap 32.000 anak, ditemukan obesitas pada anak yang diberi susu botol sebesar 4,5 %. Sedangkan pada anak yang mengkonsumsi ASI kasus obesitas yang dialami hanya 2,8%. Menurutnya pemberian ASI pada anak bisa mengurangi kasus obesitas karena ASI secara otomatis membantu memobilisasi lemak yang tersimpan di dalam tubuh.

Faktor Genetika


Memang susah membedakan antara faktor genetik dengan gaya hidup. Karena keluarga tidak hanya menurunkan suatu gen tetapi juga tentu menurunkan pola makan dan gaya hidup yang bisa menimbulkan obesitas. Tetapi setidaknya, faktor gen menyumbang sebesar 30% terhadap kenaikan berat bdan seseorang.

Faktor Kesehatan

Beberapa penyakit bisa menyebabkan kegemukan atau obesitas diantaranya:
* Hipotiroidisme
* Sindroma Cushing
* Sindroma Prader-Willi
* Beberapa kelainan saraf yang bisa menyebabkan seseorang banyak makan.

Posted By Mukhlisin saleh

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Tinggalkan komentar disini..... EmoticonEmoticon